Adab Ketika Sedang Marah Dalam Islam

Adab Ketika Sedang Marah Dalam Islam

Adab Ketika Sedang Marah Dalam Islam

Islam merupakan agama yang mengajarkan untuk hidup berdampingan dengan lainnya. Salah satunya yakni dengan memberikan aturan ketika sedang marah agar tidak menyakiti orang lain. Hal ini dapat Anda pelajari lebih lanjut dalam website dutadakwah.

Adab Marah Dalam Agama Islam

Marah merupakan emosi yang wajar dirasakan oleh siapa saja. Bahkan Rasul pun juga merasakannya. Namun, agar tidak merugikan siapapun maka Islam mengaturnya melalui adab-adab tertentu. Berikut ini informasi singkat mengenai hal tersebut:

  1. Mengucapkan Ta’awudz dan Istighfar

Hal pertama yang harus dilakukan umat muslim ketika merasakan emosi marah ialah memperbanyak membaca ta’awudz. Hal ini berfungsi sebagai permohonan akan perlindungan dari godaan setan untuk melakukan hal merugikan ketika marah.

Selain itu, ucapkanlah istighfar lebih banyak hingga merasa lebih baikan. Hal ini bertujuan untuk memohon ampun atas perasaan marah yang mungkin saja karena kesalahpahaman atau lainnya. Tak hanya itu, dengan membaca dzikir hati pun juga menjadi lebih tenang.

  1. Merubah Posisi

Merubah posisi ketika sedang marah menjadi salah satu adab ketika marah yang juga ada dalam artikel di website dutadakwah. Misalnya dari duduk menjadi berdiri, berjalan, atau bahkan tiduran. Hal ini agar badan bergerak dan emosi lebih terkontrol.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasul yang mengatakan bahwa ketika marah datang dalam posisi berdiri maka dianjurkan untuk duduk. Apabila masih belum hilang emosi tersebut sebaiknya berganti lagi menjadi tiduran.

  1. Berwudhu

Berwudhu menjadi salah satu cara atau adab yang sebaiknya dilakukan oleh umat muslim ketika sedang marah. Hal ini dapat meredam amarah seperti api terkena air dimana bisa segera padam. Lanjutkan dengan mengerjakan shalat maupun membaca Al-Quran atau berdzikir.

Anjuran untuk berwudhu ini tentu saja dapa menjadikan seseorang dapat mengendalikan emosinya serta berpikir lebih baik lagi. Hal ini karena ketika marah seringkali tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang mana beresiko menyakiti orang lain.

Ketika marah umat muslim dianjurkan untuk menjaga amarahnya agar tidak sampai merugikan orang lain. Selain itu, jika mampu menahannya maka akan mendapatkan ganjaran baik berupa pahala maupun keutamaan lainnya dari Allah.

Itulah tadi ulasan mengenai adab ketika marah dalam agama Islam yang mana juga dapat ditemukan dalam website dutadakwah. Selain itu, temukan pula berbagai informasi lainnya lebih lengkap seperti bacaan doa melalaui situs dutadakwah.org.