Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit dengan Mudah dan Hemat Biaya

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit dengan Mudah dan Hemat Biaya

Cara Bercocok Tanam di Lahan Sempit dengan Mudah dan Hemat Biaya

Memiliki lahan sempit saat ini bukan halangan untuk melakukan kegiatan berkebun, namun perlu Anda perhatikan pemilihan jenis tanaman karena dapat berpengaruh besar saat proses perkembangannya. Terdapat beberapa macam teknik bercocok tanam yang perlu diketahui.

Teknik Bercocok Tanam di Lahan Sempit

Lahan hijau di rumah tentu dapat membuat udara jauh lebih sejuk dan asri. Selain itu juga bisa merelaksasi pikiran yang lelah dengan kesibukan sehari-hari. Ketersediaan lahan seringkali menjadi kendala, terutama masyarakat di perkotaan. Berikut beberapa cara tepat memanfaatkan lahan sempit, berikut ulasannya:

  1.     Menggunakan Metode Tabulampot

Tanaman yang dibudidayakan dengan sistem tabulampot harus mendapatkan asupan cahaya matahari. Sistem penyiraman jika kemarau maka setiap hari bisa pagi atau sore, sedangkan saat hujan kegiatan tersebut dilakukan saat tumbuhan terlihat kering saja.

  1.     Metode Vertikultur

Merupakan cara berkebun dengan memanfaatkan bidang vertikal seperti dinding, pagar, jendela dan sebagainya. Saat ini teknik tersebut sudah dikembangkan menjadi beberapa jenis mulai dari tempel, tegak, dan lainnya. Contoh tumbuhannya adalah tomat, kangkung, seledri, dan masih banyak lainnya.

  1.     Metode Aeroponik

Merupakan media dengan akarnya menggantung di udara, pemenuhan nutrisi berupa zat hara, dilakukan dengan menyemprotkan secara langsung pada akarnya. Keunggulan sistem ini yakni dapat menghasilkan tanaman dengan cita rasa tinggi.

  1.     Metode Hidroponik

Yakni menanam dengan tidak menggunakan media tanah, sehingga meskipun lahan sempit dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam dengan baik, bahkan saat ini sudah banyak dimanfaatkan, dan menghasilkan.

  1.     Memanfaatkan Pipa Air

Menggunakan cara ini setidaknya dapat menggunakan lahan seluas 1×2 meter yang dapat ditempati setidaknya 20-25 tanaman. Konsep berkebun satu ini yakni dengan mengganti unsur hara dari tanah menggunakan nutrisi buatan dalam air.

Itulah beberapa cara untuk berkebun di lahan yang sempit, sehingga saat ini Anda tidak perlu khawatir akan kebingungan jika ingin memulai menanam buah,sayur, bumbu dapur, atau lainnya di rumah. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu cara merawat yang baik dan benar, agar dapat tumbuh subur, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih beragam di berkebun.co.id.